AtapX-081233413402
//Pengembang Software Developer

Pengembang Software Developer

Pengembang Software Developer

Perkembangan dunia IT yang begitu pesat ‘memaksa’ seluruh sektor kehidupan berubah. Ini mengilhami munculnya berbagai profesi di bidang IT yang sangat digandrungi karena dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih cepat, lebih andal, dan lebih keren.

Salah satu profesi yang sangat menarik belakangan ini adalah software developer (pengembang perangkat lunak). Kita tentu bertanya-tanya, sebenarnya sekeren apa sih profesi sebagai software developer? Di mana dunia menggambarkan software developer sebagai profesi yang keren, mentereng dan hebat. Apakah benar atau hanya sekedar mitos belaka?

Faktanya Software Developer Itu?

Lahirnya berbagai bisnis start up, berimbas terhadap naiknya kebutuhan akan software developer. Software developer tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas, kreatif , dan tekun karena pekerjaan ini tidak hanya terpaku pada pengembangan perangkat lunak, namun juga harus mampu memberikan manajemen hasil terbaik.

Ketersediaan lapangan kerja yang begitu besar menjadikan software developer naik daun, menempati ranking tertinggi sebagai salah satu karier yang sangat digandrungi. Selain ketersediaan lapangan kerja, rahasia yang tidak kalah menarik adalah salary-nya yang di atas rata-rata. Ini menjadikan software developer sebagai profesi yang sangat diidam-idamkan, terutama oleh para jobseeker.

Riset Killey Services yang bertajuk “Indonesia 2019 Salary Guide” telah mengungkapkan jenis pekerjaan di bidang IT yang sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah software developer yang belakangan menjadi salah satu pencarian paling populer di berbagai kalangan.

Lalu Harus Bagaimana?

Pertanyaan berikutnya, bagaimana menjadi software developer yang keren, andal, dan dapat survive dalam dunia industri yang terus berkembang ? Untuk itu, tentu kita harus memahami tugas sebagai software developer serta skill dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas tersebut.

Secara umum tugas software developer sebagai berikut:

Membuat dan mengembangkan software atau fitur baru
Melakukan evaluasi terhadap software
Melakukan perbaikan software
Melakukan pemeliharan dengan cara memantau dan memperbaiki
Bekerja sama dengan Project Manajer, Database Administrator, Graphic Designers, UI/UX Designers, dan bagian lain yang berkaitan dengan software development
Menulis laporan tentang kemajuan project
Skill dan kualifikasi yang dibutuhkan:

Pengetahuan yang bagus tentang sistem dan teknologi komputer
Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik
Mampu bekerja mandiri dan juga tim
Problem solving dan logical analysis yang andal
Highly detail-oriented
Multitasking
Good communication
Jadi, Sekeren Apa Sih Software Developer?

“Everybody in this country should learn to program a computer, because it teaches you how to think.” -Steve Jobs-

Software developer harus senantiasa update ilmu pengetahuan dan upgrade skill karena dunia IT akan terus bergerak maju. Di masa mendatang profesi ini akan terus diminati dan dibutuhkan.

Software developer diharuskan tidak hanya memahami IT namun juga bidang pendidikan, politik, ekonomi, pemerintahan, sosial, budaya bahkan seluruh bidang kehidupan. Software developer harus ‘memaksa’ diri untuk terus-menerus belajar hal baru sehingga tidak tenggelam dan tertinggal.

Hebatnya, tim penelitian dari University of Pittsburg dan Carneige Mellon University mengungkapkan bahwa lewat pembelajaran jangka panjang dan terus menerus dapat membetuk pola aktivitas saraf baru. Ini artinya dengan terus-menerus mempelajari hal baru dengan tekun, membuat seseorang dapat mengoptimalkan kerja otaknya.

Sederet nama seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg adalah mereka yang memberi perubahan pada dunia dengan IT. Mereka tidak menutup diri untuk terus-menerus belajar hal baru. Contohnya Bill Gates yang tidak hanya eksis di dunia IT, tetapi juga di bidang lainnya seperti pendidikan, sosial, lingkungan bahkan terbaru Bill Gates menjadi pembicara di Ted Talk mengenai Covid-19.

Tak hanya sederet nama terkenal itu saja, Youtuber sekaligus mahasiswa Harvard, John Fish juga berkarier sebagai software developer. Sebagai mahasiswa jurusan Computer Science, John Fish tidak hanya membahas IT di konten youtube-nya, namun juga memberikan konten kreatif yang dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama mahasiswa.

Nah, sekeren itu software developer. Di mana seorang software developer diharuskan untuk terus update dan upgare. Bila tidak maka akan tertinggal jauh. Sama halnya dengan Instagram, Line, WhatsApp, Twitter, Facebook, dan platform media sosial lainnnya. Jika tidak update maka bisa dipastikan kita akan bosan dengan fitur dan tampilannya.

Keren bukan profesi sebagi software developer itu? Kamu tertarik? Jangan lupa untuk ikuti terus ya postingan di www.suteki.co.id . #DiawaliDariRumah kita tetap bisa produktif dengan terus update supaya tidak ketinggalan. #StayHealthy #StayHome

  • 0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© AtapX 2018 / All rights reserved.

Get in Touch
Close